Senin, 22 Desember 2014

TACAN

TACAN, adalah sistem navigasi yang digunakan oleh pesawat militer. Ini menyediakan pengguna dengan bantalan dan jarak (miring-range) ke tanah atau stasiun kapal-ditanggung. Ini adalah versi yang lebih akurat dari VOR / DME sistem yang menyediakan bantalan dan berbagai informasi untuk penerbangan sipil. Bagian DME dari sistem TACAN tersedia untuk penggunaan sipil; di fasilitas VORTAC mana VOR yang dikombinasikan dengan TACAN, pesawat sipil dapat menerima VOR / DME pembacaan. Pesawat dilengkapi dengan avionik TACAN dapat menggunakan sistem ini untuk en navigasi rute serta non-presisi pendekatan untuk bidang pendaratan.

CARA KERJA TACAN
                TACAN secara umum dapat digambarkan sebagai versi militer dari VOR / DME sistem. Ini beroperasi di pita frekuensi 960-1215 MHz. Unit dukung TACAN lebih akurat daripada VOR standar karena itu menggunakan prinsip dua frekuensi, dengan 15 Hz dan 135 Hz komponen, dan karena transmisi UHF kurang rentan terhadap sinyal lentur daripada VHF.
Komponen pengukuran jarak TACAN beroperasi dengan spesifikasi yang sama seperti DMEs sipil. Oleh karena itu untuk mengurangi jumlah stasiun yang diperlukan, stasiun TACAN sering co-terletak dengan fasilitas VOR. Stasiun co-terletak yang dikenal sebagai VORTACs. Ini adalah stasiun terdiri dari VOR untuk informasi bantalan sipil dan TACAN untuk informasi bantalan militer dan militer / sipil jarak pengukuran informasi. The TACAN transponder melakukan fungsi DME tanpa perlu terpisah, co-terletak DME. Karena rotasi antena menciptakan sebagian besar azimut (bearing) sinyal, jika antena gagal, komponen azimut tidak lagi tersedia dan TACAN mengerdilkan ke DME hanya modus.

FUNGSI TACAN
                Karena azimuth dan jangkauan unit digabungkan dalam satu sistem menyediakan untuk instalasi sederhana. Kurang ruang yang dibutuhkan dari VOR karena VOR yang membutuhkan imbangan besar dan sistem antena bertahap cukup kompleks. Sebuah sistem TACAN secara teoritis mungkin ditempatkan pada sebuah bangunan, truk besar, pesawat terbang, atau kapal, dan akan beroperasi dalam waktu singkat. Penerima TACAN udara dapat digunakan dalam modus udara-ke-udara yang memungkinkan dua pesawat bekerja sama untuk menemukan bantalan relatif mereka dan jarak.

KERUGIAN
Untuk penggunaan militer kelemahan utama adalah kurangnya kemampuan untuk mengendalikan emisi (EMCON) dan siluman. Operasi angkatan laut TACAN dirancang sehingga pesawat dapat menemukan kapal dan tanah. Tidak ada enkripsi yang terlibat, musuh hanya dapat menggunakan jangkauan dan bantalan yang disediakan untuk menyerang sebuah kapal yang dilengkapi dengan TACAN. Beberapa TACANs memiliki kemampuan untuk menggunakan "Permintaan Hanya" mode dimana mereka hanya akan mengirimkan saat diinterogasi oleh pesawat on-channel. Sangat mungkin bahwa TACAN akan digantikan dengan sistem GPS diferensial mirip dengan Local Area Augmentation System disebut JPALS. Precision Joint Pendekatan dan Landing System memiliki probabilitas rendah mencegat untuk mencegah deteksi musuh dan versi kapal induk dapat digunakan untuk operasi autoland.
Beberapa sistem yang digunakan di Amerika Serikat memodulasi sinyal yang ditransmisikan dengan menggunakan antena berputar 900 RPM. Karena antena ini cukup besar dan harus memutar 24 jam sehari, dapat menyebabkan masalah keandalan. Sistem modern memiliki antena yang menggunakan rotasi elektronik (bukan rotasi mekanik) tanpa bagian yang bergerak.

Sumber:

http://en.wikipedia.org/wiki/Tactical_air_navigation_system

Tidak ada komentar:

Posting Komentar