ADF (AUTOMATIC DIRECTIONAL
FINDER)
Sebuah pencari arah otomatis (ADF) adalah instrumen radio-navigasi laut
atau pesawat terbang yang secara otomatis dan terus menerus menampilkan
bantalan relatif dari kapal atau pesawat udara dengan stasiun radio yang cocok.
[2] [3] ADF penerima biasanya disetel untuk penerbangan atau kelautan NDBs
beroperasi pada pita LW antara 190-535 kHz.
Berbeda dengan RDF, ADF beroperasi tanpa intervensi langsung, dan terus
menampilkan arah suar disetel. Pada awalnya, semua penerima ADF, baik versi
laut dan pesawat, berisi loop berputar atau loopstick ferit udara digerakkan
oleh motor yang dikendalikan oleh penerima. Seperti RDF, antena diverifikasi
rasa arah yang benar dari berlawanan 180 derajat.
ADF penerbangan Lebih modern mengandung array kecil dari antena tetap
dan menggunakan sensor elektronik untuk menyimpulkan arah dengan menggunakan
kekuatan dan fase sinyal dari setiap udara. Sensor elektronik mendengarkan
palung yang terjadi ketika antena pada sudut kanan sinyal, dan memberikan judul
ke stasiun menggunakan indikator arah. Dalam penerbangan, ADF's RMI atau
indikator arah akan selalu menunjuk ke stasiun siaran tanpa pesawat pos, namun
sikap miring dapat memiliki pengaruh yang sedikit pada membaca, jarum akan
tetap pada umumnya menunjukkan terhadap suar tersebut, namun menderita dari DIP
kesalahan dimana dips jarum ke bawah dalam arah belokan. penerima tersebut
dapat digunakan untuk menentukan posisi sekarang, lagu jalur penerbangan
inbound dan outbound, dan mencegat bantalan yang diinginkan. Prosedur-prosedur
ini juga digunakan untuk mengeksekusi pola induk dan pendekatan non-presisi
instrumen.
CARA KERJA
ADF
1.
Pilot dapat menyetel stasiun yang dikehendaki
dan memilih mode operasi.
2.
Sinyal diterima, diperkuat dan diubah menjadi
suara yang terdengar atau ditransmisi ke dalam sandi morse.
FUNGSI ADF
Pada umumnya ADF dipasang pada pesawat terbang dan berfungsi guna
menangkap gelombang yang dipancarkan dari NDB yang dipasang di darat yang
gunanya memang untuk mengarahkan pesawat terbang menuju lapangan terbang dimana
NDB dipasang. Pilot akan memposisikan pesawat sedemikian rupa hingga jarum pada
ADF paralel dengan kelurusan badan pesawat. Itu dianggap sebagai arah yang
benar guna menuju ke lapangan terbang tersebut.
Sumber:
asal translate, banyak bahasa yang tidak cocok utamanya tentang bahasa penerbangan.
BalasHapus